Mobil Listrik Ahmadi Rp200 Juta Dinilai Kemahalan

JAKARTA– PT Sarimas Ahmadi Pratama berhasil merancang mobil listrik yang sudah diuji coba Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan. Dasep Ahmadi sebagai owner dari pabrikan asal Depok ini mengharapkan mobil listrik rancangannya bisa dijual dengan harga di atas Rp200 juta.

Nilai Rp200 juta lebih yang dibanderol pada mobil listrik Ahmadi ini dianggap terlalu mahal. Pengamat automotif Suhari Sargo menilai, harga yang ditawarkan seharusnya bisa lebih murah dan terjangkau masyarakat.

“Dengan harga Rp200 juta, konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli. Dengan harga itu, konsumen bisa beli varian MPV asal Jepang, yang jelas bisa menampung banyak penumpang,” tegas Suhari Sargo saat berbincang dengan Okezone, Selasa (17/7/2012).

Tapi, Suhardi tetap mengapresiasi tinggi hasil kreasi anak bangsa ini. Dan sudah sepatutnya Pemerintah memberikan dukungan lebih kepada setiap hasil karya ini, agar bisa lebih berguna buat bangsa.

“Mobil listrik ini adalah produk kreasi anak bangsa yang harus dihargai. Meski memang masih banyak kekurangan karena masih berstatus prototype, dan belum bisa diproduksi masal. Tapi ini tetap harus didukung oleh banyak pihak termasuk Pemerintah, mulai dari penguasaan teknologi, pengembangan pasar, hingga investasi yang besar,” lanjutnya.

Dari keseluruhan mobil listrik yang dirancang PT Sarimas Ahmadi ini memang tidak murni secara keseluruhan buatan dalam negeri. Baterai dan motor listrik mobil masih diimpor dari luar negeri, sementara bodi dan rangka sudah buatan sendiri.

"Terus terang saja, kalau soal harga kami masih memperhitungkannya. Tapi saya inginnya di atas Rp200 hingga Rp300 juta," terang Dasep Ahmadi yang ditemui Okezone usai mendampingi Dahlan Iskan menjajal mobil listrik dari Depok ke BPPT di Jakarta Pusat, awal pekan ini.

Sebagai perbandingan dengan mobil listrik pabrikan besar, harga mobil listrik Ahmadi ini memang lebih murah. Mitsubishi MiEV saja dilepas dengan banderol sekitar 1.880.000 Yen atau Rp Rp225,5 jutaan. Sedangkan mobil listrik Nissan Leaf dibanderol dengan harga Rp300 jutaan. Bahkan Dahlan Iskan yang juga merancang sedan sport listrik di Yogyakarta, mematok harga minimal Rp1,5 miliar buat harga sedan sport listriknya.

1 komentar:

  1. QUANTUM BINARY SIGNALS

    Get professional trading signals sent to your cell phone daily.

    Start following our signals today & gain up to 270% per day.

    BalasHapus

Copyright © 2012 Berita Terbaru.