Pengakuan Hak Iran, Syarat Memulai Dialog Nuklir

TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi mengatakan, langkah awal untuk memulai kembali dialog nuklir adalah pengakuan terhadap hak Iran untuk melakukan pengayaan nuklir. Menurut Salehi, hal tersebut menyangkut dengan masalah yang prinsipil.

Kendati dalam tiga dialog nuklir terakhir belum dicapai kesepakatan atas solusi krisis nuklir Iran, Negeri Persia itu berharap akan ada dialog nuklir lainnya dengan P5+1.

"Saya tidak bisa mengatakan dengan pasti namun jika semuanya tidak ada masalah maka seharusnya ada negosiasi lebih lanjut," ujar Salehi, kepada Suratkabar Austria Der Standard yang dilansir Trend, Selasa (31/7/2012).

"Berbagai hambatan dalam dialog menyangkut dengan kepentingan berbagai pihak. Perbedaan antara kedua belah pihak hanya dapat diselesaikan melalui pembicaraan," tambah Menlu Iran.

Dalam dialog tingkat tinggi terakhir antara Iran dan P5+1 yang diadakan di Moskow pada 18 dan 19 Juni lalu, kedua pihak sepakat akan mengadakan dialog setingkat ahli. Kedua pihak juga sempat bertemu di Istanbul, Turki pada 24 Juli lalu, namun pertemuan itu masih menemukan jalan buntu.

Sementara itu dalam kesempatan yang berbeda, Salehi mengomentari spekulasi terkait dengan penutupan Selat Hormuz yang merupakan jalur penting bagi pelayaran dunia khususnya negara-negara Barat.

"Selat Hormuz adalah kelangsungan hidup bagi Iran, bagi kawasan juga masyarakat internasional. Karenanya kami bersikap rasional. Kami tidak ingin memotong kelangsungan hidup dan menyebabkan penderitaan bagi banyak orang," tegas Salehi.

"Namun jika diperlukan, maka Iran dengan segala upaya akan berusaha untuk mempertahankan kedaulatan dan kepentingan nasionalnya," tutur Menlu Iran itu.

2 komentar:

  1. HAI SOBAT ZEUSBOLA

    ZEUSBOLA LAGI ADAIN PROMO BUAT PEMAIN ZEUSBOLA

    NAHH PENASARAN DENGAN TOTAL HADIAH NYA GAK?
    NIH DIA TOTAL HADIAH DARI ZEUSBOLA DENGAN 236 JUTA GAIS♦♦♦

    SANGAT BUANYAK KAN?

    MAKANYA SEGERA GABUNG DAN JANGAN LEWATKAN HADIAH DARI ZEUSBOLA
    APALAGI DENGAN DEPOSIT PULSA TANPA RATE LIHH!!!!

    PRAKTIS PASTINYA DAN KAMI MELAYANI 24 JAM ONLINE,
    JADI TIDAK PERLU KHAWATIR YA

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola


    BalasHapus
  2. Bonus Freebet Slot Online Tanpa Deposit Terbaru

    Promo Bonus Freebet Gratis Yang Akan Dibagikan Adalah Pada User ID yang melakukan klaim sebelum mencapai Kuota 100 User id. Anda bisa mendapatkan Freebet tersebut bisa dengan langsung mengklaim pada Cs yang bertugas. Sebelum melakukan klaim, simak syarat & ketentuan Freebet yang berlaku terlebih dahulu.

    Tunggu Apa Lagi Sobat ? Buruan Daftar Dan Jangan Lupa Klaim Bonus Freebetnya!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623




    BalasHapus

Copyright © 2012 Berita Terbaru.