10 Bandara Terbaik Dunia Tahun 2012

Setelah menyandang gelar yang sama pada 2009, Incheon Airport di Korea Selatan kembali menyabet posisi bandara terbaik di dunia tahun 2012. Survei ini dilakukan oleh perusahaan riset maskapai penerbangan yaitu Skytrax.

Incheon Airport kembali berjaya dengan menyandang posisi bandara terbaik di dunia tahun 2012. Penghargaan ini dilakukan oleh Skytrax, perusahaan riset maskapai penerbangan yang berbasis di Britania Raya. Survei dilakukan kepada 12 juta penumpang pesawat yang berasal dari 100 kewarganegaraan yang berbeda, dalam jangka waktu sembilan bulan.

Dilansir dari situs Sidney Morning Herald, edisi Kamis (3/4/2012), Incheon Airport masuk dalam peringkat lima teratas dari 8 kategori yang menentukan penilaian. Total ada 10 kategori yang menentukan peringkat ini, termasuk aksesibilitas, kenyamanan, kecepatan transit pesawat, keramahan para staf, serta fasilitas seperti toko perbelanjaan.

Terlepas dari posisi Incheon Airport sebagai bandara terbaik 2012, beberapa bandara di Asia juga mendominasi 10 peringkat teratas survei ini.

"Selain infrastruktur dan fasilitas yang lebih modern, layanan beberapa bandara di Asia berada di tingkat kualitas yang lebih tinggi serta memberikan pelayanan secara konsisten," tutur Edward Plaisted selaku Direktur Skytrax.

Sementra itu, Changi Airport di Singapura menempati posisi kedua dan Hong Kong International Airport menyandang posisi ketiga. Heathrow Airport di London, salah satu yang tersibuk di dunia, sempat dinilai negatif karena delay dan antrian panjang di pintu imigrasi yang terjadi baru-baru ini. Tapi, Heathrow Airport juga punya berita baik terkait fasilitasnya.

Terminal 5 yang berada di bandara ini menyabet posisi Best Airport Terminal, sementara Heathrow Airport itu sendiri memenangkan posisi tempat perbelanjaan terbaik. Bandara lainnya di London yakni Stansted memenangkan kategori penerbangan budget. Delhi International Airport di India disebut-sebut adalah yang paling banyak direnovasi. Salah satunya dengan membangun terminal modern yang telah beroperasi sejak 2010 lalu.

The Regal Airport Hotel di Hong Kong menyandang posisi World's Best Airport Hotel, dilanjutkan oleh Sofitel di Heathrow Airport dan Crowne Plaza di Changi International Airport. Setelah itu, ada pula Langham Place Beijing Airport dan Novotel Suvarnabhumi Bangkok.
Berikut daftar 10 bandara terbaik tahun 2012:

1. Incheon International Airport

2. Singapore Changi Airport

3. Hong Kong International Airport

4. Amsterdam Schiphol Airport


5. Beijing Capital International Airport


6. Munich Airport


7. Zurich Airport


8. Kuala Lumpur International Airport


9. Vancouver International Airport


10. Central Japan International Airport

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.