Pabrikan Jepang jadi Raja di Tanah Amerika

DETROIT – Pabrikan automotif asal Jepang mendominasi daftar panjang kandidat pemilihan mobil dan truk terbaik 2013, Amerika Utara.

Tercatat ada 13 mobil Jepang termasuk, Scion FR-S 2013, Nissan Altima dan Honda Fit EV, sebagai nominasi mobil terbaik di Amerika Utara 2013. Toyota menunjukan keperkasaannya dengan diwakili enam varian, termasuk Toyota, Lexus dan Scion.

Mobil Jepang lainnya yang masuk dalam daftar terbaik adalah Acura ILX 2013, Honda Accord, Lexus ES, Lexus GS, Mazda 6, Nissan Sentra, Subaru BRZ, Toyota Avalon, Toyota Yaris dan Toyota Prius C.

Sedangkan di segmen lain, ada enam mobil Jepang yang masuk dalam daftar, antara lain Acura RDX 2013, Infiniti JX35 dan Toyota RAV4 EV. Sebelumnya, segmen mobil besar ini dikuasai pabrikan asal Detroit, seperti Chevrolet dan Ford.

Sementara itu, ada sembilan mobil Amerika yang masuk dalam daftar, seperti Cadillac ATS 2013, Cadillac XTS, Chevrolet Malibu, Chevrolet Spark, Dodge Dart, Ford Fusion, Ford Focus Electric, Lincoln MKZ dan SRT Viper. Tesla Model S 2013 juga masuk dalam daftar sebagai mobil listrik terbaik.

Tiga mobil asal Korea Selatan juga masuk dalam daftar. Ketiganya adalah Hyundai Azera 2013, Hyundai Elantra GT dan Kia Cadenza. Dan mobil asal Jerman diwakili BMW 3 Series Sedan, BMW 6 Series Gran Coupe, Mercedes SL, Porsche 911 dan Porsche Boxster.

Untuk segmen Truck/Utility, AS masih diwakili oleh Ford Escape2013, Ford C-Max dan Ram 1500. Sedangkan varian Jepang yang ikut bersaing adalah Mazda CX-5, Nissan Pathfinder dan Subaru SV Crosstrek. Hyundai Santa Fe juga ambil bagian, disusul lima mobil Jerman Audi Allroad, BMW X1, Mercedes-Benz GL, Mercedes-Benz GLK dan Mercedes-Benz G-Class.

Dewan juri akan memilih mobil terbaik dari semua kandidat ini pada September mendatang. Hasilnya akan diumumkan pada ajang Detroit Auto Show 2013. Tahun lalu Hyundai Elantra 2012 dan Range Rover Evoque 2012 menjadi pemenang.

1 komentar:

  1. If you want your ex-girlfriend or ex-boyfriend to come crawling back to you on their knees (even if they're dating somebody else now) you have to watch this video
    right away...

    (VIDEO) Text Your Ex Back?

    BalasHapus

Copyright © 2012 Berita Terbaru.