Sambutlah Jordi Alba

Kiev - Sebelum Piala Eropa digelar mungkin banyak yang tak tahu Jordi Alba. Tapi Polandia-Ukraina sudah membuka mata dunia siapa itu Alba.

Jika Anda bukan penggila bola yang mengikuti setiap perkembangan liga-liga Eropa, bisa jadi nama Alba akan asing di telinga. Jelas karena ia bukan berstatus pemain Barcelona atau Real Madrid yang lebih diketahui sebagian besar orang.

Tapi penampilan gemilangnya di Valencia musim lalu lah yang bikin akhirnya Alba dipanggil Vicente Del Bosque ke skuad Spanyol untuk Piala Eropa musim panas ini. Pria kelahiran 21 Maret 1989 itu tampil 50 kali serta menyumbang lima gol dan tujuh assist.

Pemanggilan pertamanya ke Spanyol sebenarnya sudah dimulai 30 September 2011 lalu saat Spanyol melawan Republik Ceko dan Skotlandia. Tapi debutnya dimulai 11 Oktober saat La Furia Roja menghadapi The Tartan Army.

Singkat cerita Alba tampil cemerlang di Piala Eropa dan boleh jadi sudah bikin fans Spanyol cepat melupakan sosok Joan Capdevilla, bek kiri yang jadi pilar kesuksesan tim di 2008 dan 2010.

Penampilan impresifnya di pos bek kiri membuatnya selalu dipercaya oleh Del Bosque sejak laga perdana kontra Italia. Alba selalu tampil penuh dan performa apiknya ditutup dengan manis lewat sebuah gol di laga final kontra Italia yang juga adalah gol pertamanya untuk La Furia Roja.

"Rekan-rekanku sudah membuat sejarah sebelum ini dan kini aku melakukannya bersama dengan mereka di Piala Eropa pertamaku," ujar Alba di Sky Sports.

"Aku sangat sulit mempercayainya tapi sepertinya perlahan semuanya seperti nyata," sambung pemain yang juga membuat satu assist di Piala Eropa ini.

"Aku bilang kepada teman-temanku dan keluargaku bahwa aku akan mencetak gol malam ini. Dan akhirnya terjadi juga," tuntas Alba.

Melihat penampilan Alba pun sepertinya Barcelona sudah melakukan langkah tepat dengan mengakuisisi pesepakbola 23 tahun itu dari Valencia, lewat banderol "hanya" 14 juta euro.

Kini dunia sepakbola sudah akan menyambut munculnya lagi salah satu talenta terbaik dari tanah 'Matador', dia adalah Jordi Alba.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.