Mumi Ungkap Rahasia Kekebalan Tubuh

BUDAPEST - Ilmuwan mencari cara baru melawan penyakit tubercolosis (TBC) melalui riset terhadap 265 mumi. Semua mumi ini memiliki kemungkinan untuk mengungkap rahasia kekebalan tubuh manusia.

Diwartakan Associated Press, Selasa (7/8/2012), mumi-mumi tersebut dikubur antara 1731 dan 1838 di sebuah ruang bawah tanah gereja Dominika, di utara Hungaria.

Proses mumifikasi terjadi secara alami melalui iklim mikro di ruang bawah tanah, termasuk suhu yang rendah, kelembaban serta tekanan udara yang konstan.

Serpih kayu yang diletakkan di bawah jasad dalam peti mati menyerap cairan. Sehingga jasad-jasad tersebut tidak membusuk, namun pelan-pelan mengering.

Sekira 89 persen dari mumi-mumi itu, bervariasi dari bayi yang baru lahir sampai usia 65 tahun, memiliki tanda pernah terinfeksi TBC dan sekira 35 persen mengidap penyakit ini saat kematiannya.

"Kami dapat mengatakan sekira 89 persen dari orang-orang ini terinfeksi TBC atau patogennya ketika masih hidup," terang Head of the Department of Anthropology of the Hungarian Natural History Museum, Ildiko Pap.

"Sistem kekebalan tubuh mereka tampaknya cenderung lebih baik dari kita. Jika bisa menemukan beberapa bagian gen dan menemukan mengapa mereka lebih tahan TBC ketimbang kita, selanjutnya hal itu akan menjadi sumbangan terbesar pada sains pengobatan modern," imbuhnya.

Menurutnya, riset tentang mumi ini bisa mengarah pada pengembangan obat TBC baru atau penemuan perubahan genetik yang mempengaruhi reaksi kita terhadap penyakit.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.