Sesi I Uji Coba F1, Rio Hanya Jalani 19 Putaran

Kesempatan langka menjajal Formula 1 tak disia-siakan oleh Rio Haryanto. Pembalap Pertamina Marussia Carlin GP2 Team ini mampu menjalankan mobil MR-01 secara progresif dan baik. Sayang, dia hanya menjalani 19 putaran.

Rio menjalani sesi uji coba pertama program Formula 1 Young Driver Test di Sirkuit Silverstone, Inggris, Kamis siang, 12 Juli 2012. Uji coba sempat molor karena tim harus melakukan prosedur pengukuran aerodynamic mobil.




Namun, Rio hanya menjalani total 19 putaran. Pembalap asal Solo ini harus masuk ke pit dan menyudahi sesi uji coba karena ada masalah kebocoran cairan dan kondisi cuaca yang memburuk. Catatan waktu terbaiknya adalah 1 menit 37,404 detik.


Ini adalah kedua kalinya Rio menjajal F1. Sebelumnya, dia pernah mendapat kesempatan mengendarai mobil F1 selama setengah hari pada sesi testing di Abu Dhabi, 2010 lalu.

 "Uji coba kali ini adalah pengalaman yang lebih spesial. Saya merasa lebih berkembang pesat sebagai pembalap dan kali ini saya lebih siap menghadapi berbagai hal," kata Rio dalam keterangannya, Jumat, 13 Juli 2012.


Rio menyesal hanya bisa menjalankan 19 putaran gara-gara kebocoran dan cuaca buruk. Walaupun begitu, ia mengaku mendapat pengalaman luar biasa. "Saya sangat menikmati bekerja sama dengan semua tim," ujarnya.


Menurut Rio, semua tim terstruktur dengan sangat rapi dan dipersiapkan dengan matang. "Seluruh tim sangat terbuka dan bekerja sama dengan sangat baik," katanya. "Saya merasa senang dengan balance mobil yang sangat berbeda dengan mobil yang saya kendarai di tahun 2010."

Selanjutnya, Rio menjalani sesi uji coba kedua, Jumat, 13 Juli 2012. Dia akan menggunakan konfigurasi sirkuit international pada Jumat pagi karena rekan setimnya, Max Chilton, mendapat giliran siang.


"Saya merasa sangat nyaman dan yakin di sesi kedua bisa menghasilkan catatan waktu yang lebih baik," katanya. Dia berharap kondisi cuaca kering. Akan tetapi, menurut dia, hujan pun tak masalah. "Tentunya akan memberi pengalaman berharga bagi saya untuk membalap mobil F1 pada kondisi basah," ujarnya.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.