10 Produk Terlaris Sepanjang Masa

Rubik's Cube



Kategori: Mainan
Unit terjual: 350 juta unit

Ernő Rubik menciptakan prototipe pertama dari "Kubus Ajaib" pada 1974 di Budapest, Hungaria. Lisensinya lalu dibeli oleh Seven Towns Ltd. dari AS dan produk tersebut diberi nama Rubik's Cube, lalu menjadikannya sebuah sensasi internasional. Di puncak popularitas mainan ini pada pertengahan 1980an, Seven Towns memperikirakan sebanyak seperlima dari penduduk dunia sudah mencoba untuk menyelesaikan permainan Rubik's Cube. Dengan warna yang menarik di mata, harganya yang murah dan tingkat kesulitan permainan, Rubik's Cube telah menjaga popularitasnya sepanjang tahun.

iPhone



Kategori: Smartphone
Unit terjual: 250 juta unit

Hanya dalam waktu 5 tahun di awal peluncurannya, Apple iPhone sudah mengapalkan 250 juta unit, membuatnya sebagai Smartphone terlaris sampai saat ini. Penelitian dari Firma Strategy Analysts memperkirakan bahwa iPhone telah menghasilkan pemasukan sekitar US$150 Milyar sejak dirilis pada Juni 2007. Sekarang ada 5 generasi dari iPhone yaitu seri pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S. Dengan generasi baru yang sering lebih populer daripada generasi sebelumnya, penjualan iPhone nampaknya akan berlanjut tumbuh dengan sehat.


Harry Potter



Kategori: Seri Buku
Unit terjual: 450 juta unit

Seri Harry Potter yang pertama, Harry Potter and the Sorcerer's Stone yang dirilis di AS di akhir 1990an berbuah sukses besar, yang kemudian diikuti lagi oleh setiap seri berikutnya. Harry Potter menjadi seri buku terlaris di dunia dengan total penjualan senilai US$ 7,7 Milyar. Novel ini telah membuat J. K. Rowling sebagai salah-satu pengarang dengan bayaran tertinggi di dunia dan adaptasi film yang tidak kalah sukses. Baru-baru ini, Rowling setuju untuk merilis versi e-book dari seri Harry Potter yang langsung meraih pendapatan US$ 1 Juta dalam 3 hari. Seri terakhirnya yaitu Harry Potter and the Deathly Hallows merupakan salah-satu buku terlaris sepanjang masa, dengan lebih dari 11 juta kopi buku terjual dalam 24 jam pertama perilisan.


Thriller



Kategori: Album Musik
Unit terjual: 110 juta unit

30 tahun yang lalu, Thriller dirilis oleh Epic Records. Sebagai salah-satu album yang menggunakan media video untuk mempromosikannya pada pendengar, Thriller mencapai prestasi sebagai album musik terlaris sepanjang masa hanya dalam waktu 1 tahun. Michael Jackson memenangkan 8 Grammy Awards di tahun 1984 untuk Thriller, termasuk Album of the Year. Tujuh lagu yang terdapat di album ini masuk ke dalam Billboard Top 10 Hits. Sebagai perbandingan, Albumnya Justin Bieber My World (1 dan 2) baru terjual sepenuhnya sebanyak 3,2 juta kopi.


Mario



Kategori: Seri permainan video
Unit terjual: 262 juta unit

Karakter "Mario" yang diciptakan oleh Nintendo memulai debut pada tahun 1981 sebagai karakter protagonis dalam permainan video Donkey Kong. Sejak itu, si Tukang Ledeng dari Italia ini telah muncul dalam lusinan judul, termasuk setidaknya 31 judul permainan video yang berbeda yang masing-masing meraih penjualan sebesar 1 juta unit. Salah-satu dari sub-serinya yaitu Super Mario sendiri telah terjual lebih dari 262 juta unit. Namun meski seri Mario merupakan seri permainan video konsol terpopuler sepanjang masa, jumlah tersebut sudah dikalahkan oleh seri Angry Birds yang sudah mencetak rekor download lebih dari 1 Milyar untuk Ponsel dan Tablet.


iPad



Kategori: Komputer tablet
Unit terjual: 67 juta unit

Apple merilis iPad pertamanya pada April 2010. iPad merupakan sukses seketika dan menjadi komputer tablet pertama yang meledak di pasaran. Sejak perilisannya, lebih dari 67 juta unit iPad yang terjual. Sebagai perbandingan, dibutuhkan waktu 24 tahun bagi Apple agar bisa menjual Komputer desktop dalam jumlat, 12% pengguna iPad untuk keperluan bisnis tidak lagi menggunakan PC mereka. Dan di bindang pendidikan, Apple menjual setiap 2 iPad untuk 1 PC.


Star Wars



Kategori: Seri film
Unit terjual: US$ 4,54 Milyar penjualan tiket

Di tahun 2009, film Avatar karya James Cameron menjadi film terlaris di AS sepanjang masa. Disesuaikan dengan inflasi dolar, film Gone With the Wind tahun 1939 tetap merupakan film terlaris, menurut boxofficemojo.com, tapi jika sebuah seri film dihitung dengan inflasinya, tidak ada yang bisa mendekati seri Star Wars dari George Lucas. Film pertamanya yang memulai debut pada 1977, menghasilkan lebih dari US$ 1,4 Milyar. Dengan 5 film yang mengikuti, berakhir dengan Star Wars Episode III: Revenge of the Sith, seri film ini sudah menghasilkan sebesar US$ 4,54 Milyar.


Toyota Corolla



Kategori: Kendaraan roda empat
Unit terjual: 39 juta unit

Seri Corolla dari Toyota sudah dipasarkan untuk lebih dari 4 dekade, dengan model yang berevolusi lebih dari 11 generasi. Sejak pertama kali diproduksi, Toyota sudah menjual sebanyak 1 Corolla setiap 40 detik. Mobil ini juga merupakan mobil pertama Toyota yang diproduksi di AS, dimana penjualannya dimulai pada tahun 1968. Tepat dibelakang Corolla untuk kendaraan roda empat terlaris adalah mobil pickup Ford F-150.


Lipitor



Kategori: Farmasi
Unit terjual: Pendapatan US$ 125 Milyar

Lipitor keluaran Pfizer mengandung statin yang membantu untuk menurunkan tingkat LDL (kolestrol jahat) dalam darah. Pada mulanya dikembangkan oleh Warner-Lambert dan disetujui untuk dipasarkan oleh U.S. Food and Drug Administration pada 1997. Meskipun Lipitor bukan bukan yang pertama dalam kelasnya, kemampuannya untuk mengurangi kadar kolestrol dan pengiklanan cukup besar dari produk ini membuatnya sebagai obat idola di kelasnya. Sejak 1997, obat ini telah terjual sejumlah US$ 125 Milyar, sekitar 20-25% dari pendapatan Pfizer selama ini.


PlayStation



Kategori: Konsol permainan video
Unit terjual: 300 juta unit

Seri pertama PlayStation yang dirilis Sony pada 1995, merupakan langkah pembuka Sony menuju industri permainan video. 5 tahun setelah PlayStation seri pertama dirilis, Sony mulai menjual PlayStation 2. PS2 menjadi konsol permainan video terpopuler sepanjang masa, menjual lebih dari 150 juta unit sampai awal 2011. PS3 yang keluar pada 2006 tidak begitu sukses, namun seri PlayStation secara keseluruhan adalaha yang terpopuler sepanjang sejarah, telah terjual lebih dari 300 juta unit. Penjualannya juga tergenjot oleh seri permainan populer seperti seri Final Fantasy, Grand Theft Auto dan Grand Turismo.

1 komentar:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.