Belanda Disarankan Rekrut Rijkaard

Amsterdam - Posisi pelatih timnas Belanda masih lowong sepeninggal Bert van Marwijk tengah pekan ini. Asosiasi sepakbola Belanda (KNVB), disarankan merekrut Frank Rijkaard sebagai penggantinya.

Belanda gagal total di Piala Eropa tahun ini. Tergabung dalam Grup B yang disebut sebagai 'grup neraka', De Oranje kalah dari Denmark, Jerman, dan Portugal.

Atas kegagalan itu, Van Marwijk pun memutuskan untuk mengundurkan diri. Padahal kontraknya baru akan berakhir di tahun 2016 mendatang.

Melihat kekosongan kursi pelatih itu, legenda hidup sepakbola Belanda, Johan Cruyff, meminta KNVB untuk merekrut Rijkaard sebagai penggantinya. Sebabnya, dalam hemat Cruyff, sosok Rijkaard adalah orang yang paling cocok untuk menjadi pelatih bisa membawa perubahan di tubuh timnas Belanda.

"Rijkaard sudah menunjukkan dia berani melakukan pilihan yang radikal bila diperlukan. Bellanda harus memulai lagi dengan staff bari dan mengubah skuad. Berkaitan dengan hal terakhir, tim itu seharusnya adalah campuran dari pemain internasional saat ini dan telenta yang lebih muda," jelas Cruyff kepada Voetball International.

"Prosesnya akan memakan banyak waktu yang harus dilakukan oleh seseorang yang terbiasa dengan level ini, termasuk mengambil keputusan yang menyakitkan."

"Anda harus lebih baik sebagai pelatih dan dihormati. Walaupun saya belum banyak berpikir tentang itu, Rijkaard adalah nama pertama yang datang kepada saya. Dia akan menjadi pilihan yang bagus," tandasnya.

Rijkaard saat ini masih terikat kontrak dengan timnas Arab Saudi. Di tanggannya, The Green Falcons punya catatan empat kali memang, lima imbang, dan kalah dua kali.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.