Xavi 531 Passing, Spanyol Juga Juara Indeks Statistik

Kiev - Tidak hanya sukses menjadi kampiun dua kali berturut-turut Piala Eropa 2012, Spanyol juga juara dalam CASTROL Edge Index. Sergio Ramos mewakili La Furia Roja untuk menerima penghargaan tersebut.

Tercatat ada tujuh pemain Spanyol dalam daftar indeks statistik individu yang dikeluarkan CASTROL. Empat di antaranya adalah kuartet bek mereka, Sergio Ramos, Gerard Pique, Jordi Alba, dan Alvaro Arbeola.

Metronom Barcelona, Xavi Hernandes, menjadi pemain Spanyol yang berada di posisi puncak dalam daftar tersebut. Xavi sukses menyingkirkan Cristiano Ronaldo yang sejak babak penyisihan selalu berada di di posisi pertama. Kini CR7 menempati posisi kedua dengan raihan tiga gol dari percobaan 15 kali tembakan, dan mendapat nilai 9.61.

Berada di posisi ketiga adalah Gerard Pique. Lalu diikuti Ramos di posisi keempat. Ramos berperan penting dalam menjaga clean sheet Spanyol lima kali berturut-turut. Performa paling impresif ia tunjukkan di babak semifinal kala Spanyol bertemu Portugal. Saat itu dengan gemilang ia mematikan pergerakan Ronaldo yang sepanjang turnamen menunjukkan performa menawan. Di final Senin dini hari tadi, ia sukses mencetak dua peluang on target.

Lalu ada Xabi Alonso di peringkat keempat. Alonso berhasil melakukan 490 passing, terbanyak kedua setelah Xavi yang berhasil membuat 531 passing. 251 di antaranya dilakukan Alonso di daerah pertahanan lawan. Ia juga sukses mencetak dua gol kala melawan Prancis di babak perempat final.

Andres Iniesta hadir menempati posisi kelima. Dalam final Senin dini hari tadi, El Ilusionista didapuk sebagai man of the match versi UEFA. Dua tahun sebelumnya di final Piala Dunia Afrika Selatan, ia juga menerima penghargaan yang sama setelah berhasil mencetak gol tunggal untuk kemenangan 1-0 Spanyol atas Belanda.

Dari pihak Italia, bercokol nama Andrea Barzagli. Meski pertahanan yang digalangnya harus koyak empat kali oleh barisan depan La Furia Roja, performa Barzagli mendapat nilai 9.69, tertinggi ketiga dalam sebuah pertandingan di Piala Eropa 2012.

Di peringkat enam dan tujuh ada dua bek sayap Spanyol, Jordi Alba dan Álvaro Arbeloa. Atas performa kedua nama tersebut, ditambah Ramos dan Pique, Spanyol hanya menerima 21 tembakan dari lawan dalam enam pertandingan yang mereka lakoni.

Peringkat kedelapan, kesembilan, dan kesepuluh dihuni oleh Pepe, Sergio Busquets, dan Claudio Marchisio. Berikut adalah data-data yang berhasil dihimpun dalam laga final Piala Eropa 2012 antara Spanyol bertemu Italia seperti dikutip dari UEFA:


1 - Sepanjang pagelaran Piala Eropa 2012, Spanyol hanya menderita satu gol selama 570 menit.

2 - Vicente del Bosque adalah pelatih kedua setelah Helmut Schon yang berhasil memenangkan Piala Dunia dan Piala Eropa.

5 - David Silva berhasil mencetak dua gol dan tiga assist sepanjang turnamen Piala Eropa 2012. Terbaik dibanding pemain lain.

189 - Fernnado Torres hanya butuh 189 menit untuk mencetak tiga gol untuk Spanyol di Piala Eropa 2012. Tiga gol tersebut membawanya meraih Golden Boot.

531 - Sebanyak 531 passing berhasil dilakukan Xavi Hernandez sepanjang turnamen Piala Eropa 2012. Rata-rata ia membuat 89 passing dalam tiap pertandingan.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.