Dahlan Iskan Ngantor Naik Mobil Listrik

DEPOK - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, dijadwalkan akan mencoba perdana mobil listrik buatan listrik buatan Depok menuju kantornya.

Mobil listrik buatan PT Sarimas Ahmadi Pratama ini, dirakit khusus dengan menggunakan tenaga listrik. Mobil mampu melaju dengan kecepatan maksimal 100 sampai 120 kilometer per jam.

PT Sarimas Ahmadi Pratama memproduksi tiga unit mobil listrik di tahap awal. Sebagai prototipe dengan warna putih, hitam, dan hijau. Dahlan sudah mencoba uji coba mobil listrik tersebut pekan lalu saat mobil masih dirakit.

"Hari ini Pak Dahlan mobil listrik akan uji coba ke kantor. Mesin dan controller mobil itu punya Amerika, dengan bodi asli Indonesia," kata Pemilik PT Sinar Mas Ahmadi Pratama, Dasep Ahmadi di Jatimulya, Cilodong, Depok, Senin (16/07/12).

Proses pembuatan mobil listrik tersebut membutuhkan waktu selama 1,5 tahun. Sementara, Pemerintah meminta agar produksi mobil ini menjadi lebih cepat.

"Awalnya saya di city car bahan bakar bensin. Tinggal ganti bahan bakar saja jadi listrik, kami juga melakukan riset dengan PLN dan BUMN terlebih dahulu sekitar empat bulan untuk listriknya saja," paparnya.

Mobil tersebut diyakini hemat energi dengan mengeluarkan Rp1000/KWH untuk 130 kilometer sekali jarak tempuh. Mobil tersebut juga diklaim ramah lingkungan tanpa polusi dengan mesin otomatis.

"Ada varian Grand, Deluxe, Standard yang semuanya berbeda harga. Ada kameranya yang termahal, dan dilengkapi dengan fitur navigasi GPS. Harganya bisa Rp150-300 juta," tutup Dasep.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.