Robot Penjelajah Mars Curiosity Mendarat di Planet Merah

PASADENA, California (Reuters) - Robot penjelajah Mars Curiosity berhasil mendarat di permukaan Mars sekitar jam 22.30 Minggu waktu Pasifik atau 12.30 WIB untuk memulai misi dua tahun mencari bukti bahwa Planet Merah pernah mendukung bentuk-bentuk kehidupan, kata NASA.

Pengendali misi di Jet Propulsion Laboratory dekat Los Angeles langsung bertepuk tangan dan bersorak saat mereka menerima sinyal yang dikirim dari pengorbit Mars, mengonfirmasikan bahwa robot penjelajah atau rover selamat dalam pendaratan.

NASA menggambarkan keberhasilan ini suatu pencapaian kompleks dalam penerbangan robot luar angkasa.

Beberapa saat kemudian, Curiosity langsung mengirim tiga gambar pertama dari permukaan Mars, salah satunya menunjukkan roda kendaraan tersebut.

"Saya tidak percaya ini. Sangat luar biasa," kata Allen Chen, wakil ketua tim penurunan dan pendaratan robot penjelajah.

Robot penjelajah seukuran mobil ini mendarat di lokasi yang direncanakan, dekat kaki gunung dari kawah Gale di belahan bagian selatan Mars, kata para pengendali misi.

Proyek Curiosity yang bernilai $2,5 miliar ini secara resmi disebut sebagai Mars Science Laboratory dan merupakan misi astrobiologi pertama Mars sejak Viking pada era 1970an.

Pendaratan ini merupakan kemenangan besar dan tonggak buat agen luar angkasa AS yang harus mengalami pemotongan anggaran dan kehilangan program shuttle luar angkasa yang sudah berjalan selama 30 tahun.

"Ini adalah langkah besar dalam eksplorasi antarplanet. Tidak ada yang pernah melakukan sesuatu seperti ini," kata John Holdren, penasihat ilmiah untuk Presiden Barack Obama yang berkunjung ke laboratorium tersebut khusus buat peluncuran ini. "Penampilan yang luar biasa."

Kondisi terbaru dari kendaraan dengan enam roda seberat satu ton yang bertenaga nuklir ini setelah kedatangannya tidak bisa diketahui segera.

NASA berencana memeriksa mesin robot penjelajah ini dan alat-alat canggihnya selama beberapa minggu ke depan sebelum memulai misi mengumpulkan sampel. Curiosity adalah laboratorium ilmiah bergerak pertama. Pendaratan ini menutup perjalanan selama 8 bulan melewati 567 juta km ruang angkasa sejak Mars Science Lab diluncurkan dari Tanjung Canaveral, Florida.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.