Manchester City vs Chelsea (3-2), City Juara

Birmingham - Manchester City menandai awal musim 2012/2013 dengan raihan trofi. The Citizens menjadi pemenang Community Shield setelah mengalahkan Chelsea dengan skor tipis 3-2.

Bermain di Villa Park, Birmingham, Minggu (12/8/2012) malam WIB, Chelsea lebih dulu unggul pada babak pertama berkat gol Fernando Torres. Namun, pada babak itu juga, mereka kehilangan Branislav Ivanovic yang diusir wasit.

Keunggulan jumlah pemain sukses dimaksimalkan oleh City. Mereka mencetak tiga gol di babak kedua lewat Yaya Toure, Carlos Tevez, dan Samir Nasri.

Chelsea sempat menghidupkan harapan lewat gol Ryan Bertrand. Tapi, upaya mereka untuk menyamakan kedudukan tak membuahkan hasil. Hasil akhir tetap 3-2 untuk City.

Ini adalah trofi Charity Shield/Community Shield yang keempat buat City. Sebelumnya, mereka juga pernah juara di tahun 1937, 1968, dan 1972.

Jalannya pertandingan

City mendapatkan peluang pertamanya pada menit ketiga. Tapi, tendangan bebas Tevez masih bisa dibendung oleh Petr Cech.

Peluang berikutnya didapat Nasri di menit ke-16. Memanfaatkan bola liar, pemain Prancis itu menembak dari jarak dekat, namun Cech dengan mudah menghalaunya.

Chelsea balas mengancam pada menit ke-25. Diawali penetrasi Ramires di sayap kanan, bola diumpankan ke Frank Lampard yang berada di kotak penalti. Lampard meneruskannya dengan tembakan ke gawang, tapi masih mengarah tepat ke pelukan kiper Costel Pantilimon.

Berselang empat menit, giliran Eden Hazard yang mengancam gawang City lewat tembakan jarak jauhnya. Namun, Pantilimon masih berada di posisi yang tepat untuk mengamankan si kulit bundar.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-40. Torres yang mendapatkan umpan matang dari Ramires dengan dingin memperdayai Pantilimon lewat sontekannya.

Beberapa saat setelah gol Torres, Chelsea kehilangan salah seorang pemainnya. Ivanovic dikartu merah karena menekel Aleksandar Kolarov dengan dua kakinya.

Dari titik pelanggaran tersebut, City mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Chelsea. Namun, eksekusi James Milner bisa diantisipasi oleh Cech.

Di awal babak kedua, Kolarov menjajal peruntungannya lewat tendangan bebas. Namun, arah sepakannya masih melenceng dari gawang Chelsea.

City bisa menyamakan kedudukan di menit ke-53. Berawal dari kegagalan barisan pertahanan Chelsea menyapu umpan Milner dari sayap kanan, bola jatuh ke kaki Toure yang berdiri di depan kotak penalti. Dengan tenang, Toure melepaskan tembakan ke tiang dekat tanpa bisa dijangkau Cech.

City benar-benar memaksimalkan keunggulan jumlah pemain yang mereka miliki. Mereka bisa berbalik unggul pada menit ke-59 setelah sepakan Tevez dari luar kotak penalti bersarang di pojok kanan gawang Chelsea.

Anak buah Roberto Mancini bikin gol lagi enam menit kemudian. Kolarov yang menusuk dari sisi kiri melepaskan umpan matang ke mulut gawang. Di sana ada Nasri yang tak terkawal dan tanpa kesulitan mencocor bola ke dalam gawang.

Chelsea bisa memperkecil ketertinggalannya di menit ke-80. Gol ini diakibatkan oleh blunder Pantilimon yang tak lengket menangkap bola sepakan Daniel Sturridge. Bertrand pun tak menyia-nyiakan bola muntah dan langsung menyonteknya ke gawang City.

Semenit jelang berakhirnya waktu normal, David Silva memperoleh peluang bagus. Dia menanduk bola hasil umpan Milner, tapi Cech masih sigap menangkapnya.

Kun Aguero menyia-nyiakan peluang emas di menit berikutnya. Meski sudah berdiri bebas di mulut gawang, dia gagal menuntaskan umpan manis Milner. Sontekannya melenceng.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap 3-2 untuk kemenangan City.

Susunan pemain
Chelsea: Cech, Ivanovic, Luiz, Terry, Cole, Lampard, Mikel, Ramires, Mata (Sturridge 75'), Hazard (Bertrand 71'), Torres

Manchester City : Pantilimon, Zabaleta, Kompany, Savic (Clichy 46'), Milner, De Jong, Yaya Toure, Kolarov, Nasri (Silva 77'), Aguero, Tevez (Dzeko 89')

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.