Mobil Esemka Lolos Uji Emisi

Solo (ANTARA) - Mobil Esemka buatan para pelajar SMK kini telah lolos dari uji emisi yang dilakukan di Balai Thermodinamika Motor dan Propulis (BTMP) di Serpong, Tangerang. Dalam waktu dekat ini akan dibawa pulang ke Solo Technopark (STP). 

"Mobil Esemka yang menjalani uji emisi memang telah lolos, tetapi dengan catatan harus menurunkan berat mobil tersebut yaitu dari 2,4 ton menjadi 1,2 ton," kata Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Rudy) kepada wartawan di Solo, Kamis.


Ia mengatakan untuk menurunkan berat mobil itu tidak masalah dan ini bisa dilakukan dengan baik. "Body mobil nantinya akan dikurangi dengan plat besi yang ada itu bisa diganti dengan bahan lain yang lebih ringan. Namun demikian juga tidak akan mengurangi kenyamanan dan keamanan mobil tersebut," kata dia.

Dikatakan dengan lolosnya uji emisi mobil Esemka tersebut nantinya seluruh mobil buatan para pelajar yang ada di Jawa akan di kumpulkan di Solo untuk dikirab keliling kota ini. "Kami akan kumpulkan seluruh mobil yang dibuat oleh para pelajar dan selanjutnya untuk dikirab dan ini sekaligus untuk memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ya kirab itu akan dilakukan tanggal 16 Agustus 2012," kata Rudy.

Mobil Esemka buatan para pelajar SMK ini nantinya juga akan digunakan sebagai mobil dinas Wali Kota Surakarta dan Wakil Wali Kota Surakarta, yang diharapkan sudah bisa diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2012, sekaligus untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. 

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.