Colosseum Italia Miring 40 Sentimeter

Roma - Colosseum kuno Roma telah miring dan perlu perbaikan secepatnya tetapi proyek restorasi tertunda lama sampai Desember, ujar direktur situs pada Senin.

Para ahli menemukan bahwa tempat bekas pertempuran para gladiator tersebut menagalami kemiringan sekitar 40 sentimeter di sisi sebelah selatan, mungkin karena pondasinya retak, memicu kekhawatiran monumen ikonik itu mungkin akan runtuh berantakan.

"Bisa jadi karena beberapa faktor: kelemahan dalam konstruksi asli, meskipun kemiringan 40 cm termasu parah untuk kasus tersebut, atau ada masalah dengan pondasinya," kata direktur situs Colosseum, Rossella Rea kepada AFP.



Bangunan berusia 2.000 tahun dari jaman Romawi itu, yang berada di tengah perempatan jalan yang ramai, telah bermasalah dengan lengkungan yang jatuh pada Desember lalu, menyusul laporan yang sama kerusakan pada 2010.

Rea telah menunjuk Institut Lingkungan Geologi Italia (IGAG/ Italy Institute of Environmental Geology) dan La Sapienza University di Roma untuk mengeksplorasi pemyebab kemiringan itu. Temuan mereka diharapkan akan diterbitkan dalam waktu satu tahun mendatang.

Berita kemiringan datang stelah menteri budaya Italia siap untuk mengungkap jadwal terbaru untuk restorasi Colosseum, pada Selasa.

Proses restorasi telah ditunda oleh serangkaian protes oleh anggota serikat buruh atas rencana taipan Italia Diego Della Valle untuk membersihkan arena itu.

Pada Januari, miliarder mengancam akan menarik 25 juta euro dalam membiayai penyelidikan berikut ke dugaan penyimpangan.

Proyek restorasi yang diperkirakan akan berjalan selama tiga tahun, yang bertujuan untuk meningkat seperempat daerah mana wisatawan akan memiliki akses, seharusnya dimulai pada Maret. Ini ditunda sampai Juli dan sekarang tidak akan dimulai sebelum akhir tahun.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.