Spanyol Kejar Catatan Jerman

Donetsk - Spanyol dan Jerman adalah dua tim dengan koleksi gelar juara Piala Eropa paling banyak. Tertinggal satu trofi di belakang Jerman, Spanyol berusaha mengejar.

Spanyol memastikan diri melaju ke final Euro 2012 setelah mengalahkan Portugal lewat babak adu penalti. Setelah tendangan Bruno Alves membentur tiang gawang, kesempatan La Furia Roja untuk memenangi pertandingan ada di tangan Cesc Fabregas, dan Fabregas pun tidak membuang percuma kesempatan tersebut.

Iker Casillas dkk. menjadi tim pertama yang ke final dan menunggu pemenang dari laga Jerman vs Italia. Bagi Spanyol, final pada 1 Juli mendatang di Kiev akan menjadi final keempat mereka di Piala Eropa. Dari tiga final, Spanyol memenangi dua di antaranya.

Final pertama Spanyol terjadi pada 1964, ketika mereka menjadi tuan rumah. Spanyol yang diarahkan oleh Jose Villalonga menghadapi Uni Soviet yang kala itu diperkuat oleh kiper legendaris mereka, Lev Yashin. Gol Jesus Maria Pereda sempat disamakan oleh Galimzyan Khusainov. Namun, Spanyol akhirnya menang 2-1 setelah Marcelino Martinez membobol gawang Yashin di menit 84.

Dua puluh tahun berselang, di Piala Eropa 1984, Spanyol melangkah lagi ke final. Tetapi, kali ini mereka kalah dari tuan rumah Prancis yang kala itu diperkuat oleh kuartet gelandang Luis Fernandez, Michel Platini, Alain Giresse, dan Jean Tigana. Dua gol dari Platini dan Bruno Bellone membuat Spanyol pulang dengan menelan pil pahit.

'Tim Matador' harus menunggu lama hingga 2008 sebelum bisa mencapai final lagi. Di bawah arahan Luis Aragones, mereka membuat Jerman tertunduk berkat gol tunggal Fernando Torres. Spanyol pun mendapatkan trofi pertama mereka sejak 1964 atau trofi kedua mereka dalam perhelatan Piala Eropa.

Trofi Piala Eropa itu pun menjadi awal dari dominasi Spanyol, setidaknya sampai dua tahun setelahnya. Di Piala Dunia 2010, mereka kembali sukses mencapai final dan tampil sebagai juara dunia. Bagaimana kelanjutan dominasi Spanyol ini masih patut untuk dinantikan selepas final di Kiev nanti.

Sejauh ini, Jerman masih menjadi pemegang catatan gelar juara terbanyak dengan tiga gelar. Die Mannschaft meraihnya usai enam kali melaju ke final. Layak dinantikan juga, apakah Jerman bisa mengalahkan Italia dan menjejak final ketujuh mereka.

1 komentar:

  1. MINIMAL DEPOSIT YANG SANGAT TERJANGKAU, MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS DIDALAMNYA

    • Permainan Terlengkap

    • Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop

    • Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon

    • Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia

    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL

    • Menerima Deposit Via Ovo

    Tunggu Apalagi? Daftar sekarang juga Di Zeusbola


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus

Copyright © 2012 Berita Terbaru.