Cruyff: Kegagalan Belanda Tanggung Jawab KNVB

Amsterdam - Johan Cruyff memberikan pendapat tentang kegagalan Belanda di Piala Eropa 2012. Dia menganggap keterpurukan De Oranje bukan salah pemain, tapi Asosiasi Sepakbola Belanda alias KNVB.

Belanda harus tersingkir dari Piala Eropa 2012 dengan tragis: kalah pada tiga pertandingan beruntun di babak grup. Mark van Bommel dkk. kalah 0-1 dari Denmark, 1-2 dari Jerman, dan 1-2 dari Portugal.

Cruyff meradang menyaksikan kenyataan pahit tersebut. Tanpa tedeng aling-aling, legenda sepakbola Belanda ini menggugat para petinggi KNVB yang dianggapnya tak mampu mengevaluasi dengan baik kinerja tim nasional.

"Semua masalah bersumber dari atas (petinggi KNVB). Ada kesalahan besar, terutama pada tahun lalu," tulisnya dalam sebuah kolom di salah satu koran di Belanda, De Telegraaf.

"Performa kami menurun dan tak ada evaluasi yang dilakukan. Banyak tim yang justru mencontoh karakteristik sepakbola Belanda dan kami justru tidak melakukan hal tersebut," lanjutnya.

El Flaco--julukan Cruyff--secara implisit juga menyebutkan bahwa tak ada inovasi yang jelas dalam soal peremajaan skuad di timnas Belanda. Menurut dia, satu-satunya pemain muda Belanda yang memiliki prospek cerah adalah gelandang PSV Eindhoven, Jetro Williems.

"Apa yang terjadi pada Euro kali ini adalah hasil dari dua tahun lalu. Satu-satunya yang bagus adalah debut Jetro Willems. Hanya inovasi itulah yang saya lihat dari tim Belanda," tukas Cruyff.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.