Rusia Gagal di Euro, Ketua Federasi Mengundurkan Diri

Moskow - Ketua Russian Football Union (RFU), Sergei Fursenko, memutuskan untuk meletakkan jabatannya menyusul kegagalan Rusia di Piala Eropa 2012.

Rusia sempat tampil menjanjikan di awal turnamen usai meraih kemenangan meyakinkan 4-1 atas Republik Ceko. Namun di laga berikutnya mereka gagal memetik poin penuh setelah hanya bermain imbang dengan Polandia.

Puncaknya adalah di laga terakhir fase grup. Rusia secara mengejutkan takluk dari Yunani dan membuat Andrei Arshavin dkk. harus angkat koper dari Polandia-Ukraina karena hanya finis di urutan tiga klasemen Grup A.

Kegagalan Rusia di Piala Eropa 2012 itu membuat Fursenko dihujani kritik. Ia pun akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Saya ingin meminta maaf pada fans untuk hasil ini. Saya sudah mengambil keputusan yang sulit - untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Ketua Russian Football Union (RFU)," ujar Fursenko seperti dilansir oleh Reuters.

Fursenko ditunjuk sebagai Ketua RFU pada Februari 2010. Sebelumnya, pria 58 tahun ini menjabat sebagai Presiden Zenit St Petersburg selama empat tahun.

Fursenko juga bertanggung jawab dalam penunjukan Dick Advocaat sebagai pelatih anyar Rusia di tahun 2010. Kala itu ia memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak Guus Hiddink yang membawa Rusia hingga ke semifinal Piala Eropa 2008.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.