Del Bosque dan Sejarah Baru Pelatih Dunia

Jakarta - Vincente Del Bosque bisa mengukir sejarah baru yang sebelumnya tak pernah dituliskan pelatih mana pun di seluruh dunia. Itu akan dia lakukan asal mengantar Spanyol jadi juara Euro 2012.

Catatan hebat yang berpeluang dibuat Del Bosque adalah status sebagai pelatih pertama yang berhasil merebut trofi Liga Champions, Piala Dunia dan Piala Eropa. Demikian diberitakan AFP.

Sukses Del Bosque di level klub dia raih bersama Real Madrid. Dalam selang 1999 sampai 2003 dia bahkan mempersembahkan dua trofi Liga Champions buat El Real, di mana dalam periode tersebut dia juga memberi timnya dua gelar La Liga Primera.

Sementara titel Piala Dunia dia persembahkan buat timnas Spanyol dua tahun lalu. Di Afrika Selatan, La Furia Roja merebut titel juara dunianya untuk kali pertama setelah mengalahkan Belanda di final dengan skor tipis 1-0.

Senin (2/7/2012) dinihari WIB mendatang, pria 61 tahun asal Spanyol itu akan punya kesempatan untuk mengantar Spanyol mempertahankan gelar Piala Eropa. Melaju ke final usai menundukan Portugal lewat adu penalti, Iker Casillas cs akan menghadapi Italia.

Jika berhasil mengantar Spanyol mengangkat trofi juara, Del Bosque bukan cuma akan jadi pelatih pertama yang meraih trofi Liga Champions, Piala Dunia dan Piala Eropa. Dia juga akan menyamai prestasi milik pelatih Jerman Barat, Helmut Schoen.

Schoen adalah satu-satunya pelatih yang berhasil mengantar timnya menjuarai Piala Eropa dan Piala Dunia, yang dia lakukan di tahun Euro 1972 dan Piala Dunia 1974.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.