Italia Coba Akhiri Penantian 42 Tahun

Jakarta - Meski jadi salah satu tim tersukses di Piala Dunia, Italia hingga kini baru punya satu trofi Piala Eropa. Di tahun 2012 ini Gli Azzurri bisa menambah jumlah gelarnya untuk menyudahi penantian berusia 42 tahun.

Italia dipastikan menyusul Spanyol melangkah ke final Piala Eropa 2012. Tiket ke laga puncak dikantongi Gli Azzurri usai mereka memetik kemenangan 2-1 atas Jerman di babak semifinal.

Sepanjang sejarah Piala Eropa, ini adalah final ketiga Italia. Dua kesempatan sebelumnya di mana mereka bisa menjejak laga pamungkas adalah di tahun 1968 dan tahun 2000.

Penyelenggaraan tahun 1968 adalah momen di mana Italia berhasil mengukuhkan diri menjadi jawara Eropa. Menjadi tuan rumah di edisi ketiga turnamen, Italia mengalahkan Yugoslavia melalui pertandingan dua leg masing-masing dengan skor 1-1 dan 2-0.

Italia harus menunggu sangat lama untuk bisa merasakan lagi final Piala Eropa. Baru di tahun 2000 mereka bisa masuk final, saat turnamen digelar bersama oleh Belanda dan Belgia.

Malang buat Italia karena di kesempatan ini mereka harus puas dengan status runner up. Menghadapi Prancis di final, Italia kalah 2-1 di babak perpanjangan waktu melalui sistem sudden death.

Senin (2/7/2012) dinihari mendatang, atau 42 tahun setelah gelarnya yang pertama, Italia punya kesempatan untuk kembali bertahkta sebagai raja Eropa. Peluang yang dianggap terbuka meski menghadapi sang juara bertahan, Spanyol, di final.

Meski baru punya satu trofi Piala Eropa, Italia justru menjadi salah satu tim tersukses di Piala Dunia. Total sudah enam kali mereka merasakan laga final, di mana empat di antaranya dituntaskan menjadi juara.


0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.