Ramos Ikuti Cara Panenka & Pirlo

Donetsk - Sergio Ramos jadi salah satu pemain Spanyol yang sukses mengeksekusi penalti ke gawang Portugal. Dia juga melakukannya dengan cara yang tak biasa, seperti yang dilakukan Antonin Panenka dan Andrea Pirlo.

Tak banyak orang menyangka Ramos berani menjadi salah satu algojo penalti Spanyol di laga semifinal Piala Eropa 2012, Kamis (28/6/2012) dinihari WIB. Pasalnya, di semifinal Liga Champions musim lalu, Ramos gagal menendang penalti Real Madrid ke gawang Bayern Munich.

Tetapi, Ramos berhasil membuktikan keberaniannya. Ia bahkan melakukan apa yang Pirlo lakukan ke gawang Inggris di babak perempatfinal: menendang penalti dengan cara cungkil a la Panenka.

Panenka adalah pesepakbola asal Cekoslovakia yang pertama kali memperkenalkan tendangan penalti dengan cara mencungkil bola. Ia melakukannya di final Piala Eropa 1976 saat negaranya melawan Jerman Barat.

Dalam adu penalti melawan Portugal, Ramos yang jadi algojo keempat mengeksekusi bola dengan sangat tenang. Dia tak menendang bola keras-keras, cukup mencungkilnya ke arah tengah. Itu sudah membuat kiper Rui Patricio terkecoh.

Ramos memang termotivasi untuk membuktikan bahwa dirinya tidak takut untuk kembali menendang penalti. Ia justru meminta pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, dimasukkan sebagai salah satu algojo.

"Saya memang ingin menendang penalti. Saya inging menebus pengalaman buruk saya di semifinal Liga Champions musim lalu bersama Real Madrid," ujar Ramos di situs resmi UEFA.

Meskipun demikian, bek Real Madrid tersebut tak terlalu memikirkan ekseskusi penalti elegan tersebut. Baginya, hal terpenting adalah Spanyol berhasil melesat ke final Piala Eropa 2012.

"Hal terpenting adalah kami (Spanyol) melangkah ke final. Dan apapun yang terjadi di final nanti, saya bangga telah menjadi bagian dari kesuksesan kami sekarang," tuturnya.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.