Alan Dzagoev - Rising Star dari Negeri Beruang Merah


Euro 2008 ternyata menjadi sebuah ajang pembuktian untuk Alan Dzagoev. Gelandang Menyerang CSKA Moscow yang merayakan Ulang Tahunnya ke-22 pada 17 Juni 2012 ini sudah mengemas 3 gol untuk Timnas Rusia dalam dua pertandingan fase Grup A, menjadikannya sebagai salah-satu kandidat peraih Sepatu Emas di akhir kompetisi. Baru 3 shoots on goal yang ia lesakkan ke gawang lawan, namun setiap tembakan yang ia lakukan selalu terkonversi menjadi gol.



Zenit Saint Petersburg 1-3 CSKA Moscow 2008-09-21


Pemain keturunan etnis Ossetia dengan tinggi 179 cm ini lahir pada 17 Juni 1990 dari kedua pasangan Yelizbar dan Lyana. Sebelum ia lahir, orangtuanya pindah ke kota Beslan, dimana Alan lahir dan dibesarkan disana. Ibunya yang merupakan penggemar berat Sepakbola membawa Alan kecil dengan kakaknya, Gela untuk bergabung dengan klub pemuda Terek Beslan. Di tahun 2000, Alan pindah ke kota Vladikavkaz untuk membela klub pemuda Yunost, dimana ia menjadi sering menonton pertandingan FC Alania Vladikavkaz.


Disini ia mulai mengidolakan Valery Gazzaev, sosok yang akan menjadi pelatihnya sampai 2008 di CSKA Moscow. Lalu pada Juli 2005, Alan bergabung dengan Akademi Sepakbola Konoplyov. Setahun kemudian tepatnya Januari 2006, ia direkrut oleh Akademi tersebut untuk bermain di Divisi 2 Rusia. Alan tampil sebanyak 37 pertandingan dan mencetak 6 gol untuk timnya sampai Desember 2007, dimana ia setelah itu mengenakan jersey CSKA Moscow.


Debutnya di Liga Primer Rusia pada 2008 berjalan dengan manis. Alan terpilih sebagai Best Young Player of the Year oleh РФС (Uni Sepakbola Rusia). Sederetan penampilan memukaunya bersama klub membuat dirinya dipanggil untuk membela Timnas. Debutnya bersama Timnas dilakukan pada 11 Oktober 2008, ketika itu ia masih berusia 18 tahun. Meski tidak mencetak gol, Alan mendapat pujian dari Guus Hiddink karena penampilannya.


Alan mencetak gol internasional perdananya pada 8 Oktober 2012 melawan Republik Irlandia dalam kualifikasi Euro 2012. Pada 25 Mei 2012, ia diumumkan sebagai anggota skuat Rusia untuk Euro 2012, meski pada April Alan mengalami cedera patah jari kaki, menimbulkan keraguan apakah ia bisa fit saat pertandingan melawan Republik Ceko. Namun latihan intensif yang dilakukannya membuat dirinya pulih lebih cepat dari perkiraan.



0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.