Spanyol Menang Besar (4-0)

Gdansk - Spanyol mencatatkan kemenangan telak 4-0 atas Republik Irlandia, dengan separuhnya dibuat Fernando Torres. Hasil itu membuat Spanyol kini menjadi pemuncak grupnya, sekaligus membuat Republik Irlandia tersingkir dari Piala Eropa 2012.

Di PGE Arena, Jumat (15/6/2012) dinihari WIB, Fernando Torres dengan cepat membuat Spanyol memimpin saat pertandingan baru berjalan sekitar empat menit.

Empat menit memasuki babak kedua, Spanyol yang tampil sangat dominan baru bisa menambah keunggulan melalui gol yang dicetak oleh David Silva.

Torres kemudian mencetak gol keduanya di dalam pertandingan lewat aksinya pada menit 70. Cesc Fabregas, yang masuk menggantikan Torres, lantas menutup pesta kemenangan Spanyol.


Dengan hasil tersebut maka Spanyol kini berhak memuncaki klasemen sementara Grup C dengan 4 poin hasil dari dua laga. Jumlah setara sebenarnya dicatatkan Kroasia, tetapi Spanyol unggul selisih gol.
Sementara untuk Republik Irlandia, kekalahan tersebut membuat mereka dipastikan "masuk kotak" setelah melalui dua laga tanpa angka. Republik Irlandia masih menyisakan satu pertandingan lawan Italia, yang kini menempati posisi tiga di grup dengan 2 poin, meski hasilnya sudah tidak berpengaruh lagi untuk Shay Given cs.

Jalannya Pertandingan

Torres sudah membuat Spanyol memimpin saat pertandingan belum genap berjalan empat menit. Dari sebuah serangan yang dibangun Spanyol, Torres berhasil mencuri bola dari pemain belakang lawan lalu melepaskan tendangan keras yang tak bisa dibendung Given.

Tiga menit kemudian Spanyol mengancam lagi. Kali ini Silva melepaskan sebuah tendangan keras di tepi kotak penalti, meski arahnya tepat ke Given.

Sebuah peluang kembali hadir untuk Torres pada menit sembilan. Sundulan dari Arbeloa membuat bola mengarah ke Torres meski kemudian hasil sepakannya masih mengirim si kulit bundar melebar dari sasaran.

Given kembali bisa menangkap bola pada menit 16, kali ini hasil dari tendangan Pique yang sedang maju jauh ke depan dari posnya di lini belakang Spanyol.

Giliran Iniesta yang menguji kesigapan Given pada menit 23. Dari luar kotak penalti, Iniesta melepaskan tembakan keras yang masih bisa ditepis Given.

Iniesta beraksi di dalam kotak penalti Irlandia, untuk kemudian melepaskan tendangan pada menit 41. Bola masih bisa diblok Dunne.

Beberapa saat kemudian, tendangan Xavi usai menerima umpan balik Silva tidak kuasa diblok pemain bertahan Irlandia. Tetapi arahnya masih tepat ke arah sang kiper, Given.

Given kembali harus berjuang menyelamatkan gawangnya ketika Arbeloa melepaskan tendangan keras dari sisi kanan, pada menit 44. Bola bisa dihalau Given seraya menjatuhkan tubuh.

Tepat sebelum peluit berakhirnya babak pertama dibunyikan, gawang Irlandia kembali dalam bahaya melalui tendangan Iniesta. Given tampak menepis bola dengan jarinya, untuk membuatnya melambung tipis di atas mistar.

Spanyol langsung kembali menyerang di awal babak kedua. Arbeloa yang sedang ikut membantu serangan kembali mendapatkan peluang, meski tembakannya masih bisa dibendung Given.

Spanyol akhirnya menambah keunggulan di menit 49. Iniesta melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis Given. Sial untuk Irlandia, bola justru mengarah ke Silva. Setelah mengecoh pemain belakang, ia melepaskan tembakan yang bersarang di dalam gawang Irlandia.

Given masih terus dipaksa bekerja keras. Pada menit 56, tendangan Xavi melewati kedua kaki Dunne dan melesat ke gawang Irlandia. Given meregangkan tubuh dan bisa menepisnya.

Sebuah serangan dilancarkan Irlandia pada menit 66. McGeady melepaskan umpan silang ke depan gawang dan Ramos yang tidak mau ambil risiko langsung menanduk bola ke luar lapangan.

Torres mencetak gol keduanya di dalam pertandingan pada menit 70. Lolos dari jebakan offside usai menerima umpan Silva, Torres berlari meninggalkan dua pemain lawan dan kemudian menaklukkan Given.

Keane mencatatkan peluang untuk Irlandia pada menit 75. Mendapat bola di sisi kiri, ia melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis oleh Casillas seraya menjatuhkan diri.

Giliran Fabregas yang menjebol gawang Irlandia pada menit 83. Dari sudut sempit di sisi kiri arah gawang, ia menerima bola sepak pojok lalu menendangnya ke dalam gawang Given.

Susunan Pemain:

Spanyol: Casillas, Jordi Alba, Sergio Ramos, Pique, Arbeloa, Xabi Alonso (Javi Martinez 65'), Busquets, Xavi, Iniesta (Cazorla 80'), Torres (Fabregas 74'), Silva

Republik Irlandia: Given, Ward, Dunne, St Ledger, O'Shea, McGeady, Whelan (Green 80'), Andrews, Duff (McClean 77'), Keane, Cox (Walters 45')

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.