Kekalahan Beruntun Belanda

Kharkiv - Setelah dipukul Jerman, Belanda kini terancam angkat koper. Dengan catatan dua kekalahan, Oranje bahkan mesti bikin sejarah baru di Piala Eropa untuk bisa lolos.

Belanda harus mengakui ketangguhan Jerman saat dikalahkan 1-2 di Metalist Stadium, Kamis (14/6/2012) dinihari WIB. Ini menjadi kekalahan kedua Belanda setelah di laga pertama dibekap Denmark 0-1.

Peluang Belanda untuk lolos dari Grup B memang masih terbuka, kendati amat tipis. Robin van Persie cs kini terpuruk di posisi terbawah grup dengan poin 0, tertinggal dari Denmark dan Portugal (masing-masing 3 poin), dan Jerman (6 poin).

Berikut data dan fakta seputar pertandingan tersebut seperti dikutip Infostradalive.

- Belum ada tim yang bisa melangkah ke fase knockout Piala Eropa setelah kalah di dalam dua pertandingan--catatan inilah yang kini akan coba dipatahkan Belanda.

- Semenjak Piala Eropa menggunakan fase grup pada tahun 1980, Jerman (dengan nama Jerman Barat) sebelumnya sudah dua kali meraih dua kemenangan di laga pembuka--sebelum gelaran kali ini. Pada dua kesempatan itu mereka selalu bisa tampil menjadi juara (1980, 1996).

- Mario Gomez menjadi pemain Jerman ke-10 yang bisa mengemas sepasang gol dalam sebuah laga Piala Eropa. Ia juga bergabung dengan Vaclav Pilar (Republik Ceko) dan Alan Dzagoev (Rusia) karena sama-sama bisa mencetak gol di dua laga pertama timnya di Piala Eropa 2012.

- Dalam enam penampilan terakhir jadi starter untuk Jerman, Gomez sudah mencetak gol di lima kesempatan. Ia hanya tak bisa bikin gol saat berimbang 3-3 lawan Ukraina bulan November lalu.

- Sudah 17 tahun berselang sejak Belanda mengalami kekalahan beruntun di partai internasional (April-Juni 1995, saat kalah dari Republik Ceko dan Belarusia).

- Ini adalah kali pertama di dalam gelaran Piala Dunia atau Piala Eropa Belanda bisa tertinggal dua gol pada waktu turun minum.

- Robin van Persie mencetak gol kelimanya di dalam sebuah turnamen besar, menyamai Marco van Basten dan Johan Neeskens. Ada enam pemain Belanda lain yang mencetak gol lebih banyak, dengan Dennis Bergkamp menjadi yang teratas dengan 10 gol.

- Robin van Persie bergabung dengan Thierry Henry sebagai pemain asal klub Arsenal yang bikin gol di dua edisi berbeda Piala Eropa.

- Arjen Robben (Belanda) baru saja menghadapi tujuh rekan satu klubnya di Bayern Munich, yang membela tim Jerman. Ada sebuah kejadian serupa di Piala Eropa: Trevor Steven (Inggris) berhadapan dengan tujuh rekan satu klubnya di Olympique Marseille ketika Inggris menghadapi Prancis di Euro 1992.

0 KOMENTAR:

Copyright © 2012 Berita Terbaru.